In BLOGGING

Kita adalah Bagian dari Asian Games 2018

sumber : https://www.antarafoto.com/foto-cerita/v1513695636/road-to-asian-games-2018

Kamu sadar tidak? Banyak banner dan baliho yang berisikan tentang Asian Games 2018 diseluruh nusantara! Memang Indonesia sedang mempersiapkan segala hal untuk menyambut ajang bergengsi internasional regional Asia, karena tahun ini Indonesia adalah tuan rumah!

Yuk jadi tuan rumah Asian Games 2018 yang baik! Lihat foto dibawah.
(sumber : https://www.instagram.com/p/BjzQpvhnoi5/?taken-by=bulutangkisri)
Jangan malu membiasakan hal baik ya kawan untuk dukung bersama Asian Games 2018 !


Saya ingin menceritakan dua orang yang ikut serta dalam acara ini. Teman saya yakni “S” yang berasal dari Jawa turut berpartisipasi sebagai Relawan dan Puja yang berasal dari Jawa Tengah berpartisipasi sebagai Atlet Asian Games 2018.
Apa sih antusiasme mereka, bagaimana dengan perjalanan mereka menjadi seperti sekarang?


RELAWAN

sumber : https://www.instagram.com/p/BjYlM-WBEA3/?taken-by=palembangvolunteer

“S” menyukai acara olahraga dan ia ingin terlibat dalam behind the scene nya. Ia mengetahui ada lowongan menjadi Relawan Asian Games 2018 saat ia iseng mencari di Google. Saat itu ia resmi mendaftar pada akhir Februari, walaupun sempat tertunda selama beberapa hari untuk melengkapi persyaratan. Pendaftaran dibuka untuk Jakarta dan Palembang, yang mana Jakarta membutuhkan 8000 relawan sedangkan Palembang membutuhkan 2100 relawan.
Ia memilih Palembang karena ia berpikir persaingan tidak seketat seperti yang di Jakarta dan benar! Ia lolos seleksi administrasi dan siap mengikuti arahan selanjutnya. Tes Psikotes dan FGD (Focus Group Discussion) diadakan dalam satu hari, dan hasilnya baru keluar seminggu kemudian. Wow, kebayangkan bagaimana proses yang telah ia lalui untuk menjadi salah satu relawan di Asian Games 2018.

“Karena ini adalah kesempatan langka. Sekali seumur hidup. Terakhir di Indonesia tahun 1962. Kalian ini bagian dari sejarah!

Saat itu saya bertanya, “Bagaimana cara pemerintah bekerjasama dengan para relawan dalam mensukseskan Asian Games 2018?”
Ia berkata bahwa terdapat lembaga yang mengurus persiapan sampai acara Asian Games 2018. Namanya adalah INASGOC, Indonesia Asian Games Organizing Committee. Lembaga tersebut bekerjasama dengan vendor untuk memberikan pelatihan kepada para relawan.

sumber : https://www.instagram.com/p/BjPYIvlBqD4/?taken-by=palembangvolunteer

Sampai Juni ini sudah terlaksana dua kali pelatihan, yaitu :
1. Pengenalan Nilai-Nilai Olahraga (NOR)
Pelatihan ini membahas tentang pengenalan nilai-nilai yang ada di dalam acara-acara olahraga seperti Olimpiade dan Asian Games, sejarah dari Olimpiade dan Asian Games, serta pengenalan cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games nantinya.
2. Pelatihan Umum
Pelatihan kedua sudah mulai memasuki pengetahuan dasar yaitu interpersonal dan komunikasi, etika dan profesionalitas, serta dasar pariwisata. Adanya pemberian materi pariwisata khususnya didaerah Sumatra Selatan ini disebabkan karena relawan khususnya yang bertugas langsung dengan atlet, seringkali akan berhadapan dengan permintaan dari atlet dan ofisial untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Apabila permintaan tersebut muncul, maka relawan dituntut untuk mampu menjadi pemandu wisata, dan menunjukan objek wisata sesuai dengan keinginan klien (atlet dan ofisial).  
INASGOC juga menyediakan baju, celana, sepatu, jaket, tas dan topi untuk relawan. Wah komplet pokoknya deh!

sumber : https://www.instagram.com/p/BjPYIvlBqD4/?taken-by=palembangvolunteer

Saya pun bertanya, “Hal apa yang paling diingat saat menjadi relawan untuk Asian Games 2018?”
Ia bercerita mengenai proses perjuangannya, untuk mengikuti pelatihan ia harus rela berkorban melintasi pulau demi mendapatkan pelatihan yang ia perlukan sebagai bekal di acara, dan tentu mungkin bagi beberapa dari kita hal ini tidaklah mudah. “S” menunjukkan pada saya apa arti perjuangan seseorang untuk naik level, mendapatkan ilmu baru dan menambah jejaring. Menjadi relawan memberikan kesempatan kepada “S” untuk datang dan mengunjungi daerah baru. Ia dan teman-teman relawan gembira berpartisipasi dalam Asian Games 2018 karena ini adalah kesempatan langka. Sekali seumur hidup. Terakhir di Indonesia tahun 1962. Kalian ini bagian dari sejarah!


ATLET

sumber : koleksi pribadi milik Puja

Saat saya pertama bertemu dengan Puja melalui dunia maya, saya bertanya di bidang apakah ia untuk Asian Games, dan ia menceritakannya kepada saya bahwa ia bermain di bidang Wushu Sanda Kelas 70 kg. Apa itu olahraga Wushu? Wushu adalah olahraga yang menyerupai kick boxing namun tidak boleh menggunakan lutut. Hanya diperbolehkan memukul, menendang, dan membanting. Bidang ini pun tidak memperbolehkan menggunakan teknik kunci. Dalam satu permainan terdiri dari 2-3 ronde dengan 2 ronde kemenangan. Kalau 3 ronde hanya terjadi apabila ada 1 ronde yang seri. Bagi yang unggul 2 ronde diberikan durasi 2 menit tiap ronde.

Saya bertanya, “Latihan butuh waktu berapa lama?”. Tak disangka ia menjawab “Untuk mendalami ya sekitar 7 tahun”. Sungguh! Itu waktu yang tidak sebentar untuk menjadi seorang juara.

Kalah adalah pukulan yang menyakitkan agar berusaha lebih baik lagi dan Kemenangan adalah jerih payah dari latihan keras yang terbayar lunas.” -Puja

Bermula saat masih SMP, Puja ingin mengikuti pertandingan tingkat Jawa Tengah di Bandungan, namun ia tidak jadi bertanding karena sedang masa ujian dan ijin kepada sekolah tidak disetujui walaupun sudah latihan dengan giat. Enam bulan setelah itu, Puja mengikuti latihan di Klenteng, Ambarawa untuk tingkat Jawa Tengah dan ia mendapatkan Juara 1. Ia melanjutkan ke tingkat Nasional dan bertanding dengan Medan namun sayangnya ia kalah. Kembali ke tingkat Jawa Tengah yang mempertemukan Puja dengan Feri, saingannya dari Salatiga tetapi kekalahan lagi yang ia dapatkan. Bagi Puja, kalah adalah pukulan yang menyakitkan agar berusaha lebih baik lagi sehingga ia tetap latihan lari, berlatih tiap sore, tidak pernah bolos dan akhirnya latihan-latihan tersebut membuahkan hasil, Puja mendapatkan kembali Juara 1 tingkat Jawa Tengah.

sumber : koleksi pribadi milik Puja

Bergabunglah Puja dengan Tim PORPROV (Pekan Olahraga Provinsi), dan bertanding dengan Sragen di final, namun baginya saingan terberatnya adalah Cilacap. Ia kembali meraih Juara 1 dan masuk ke Tim Jawa Tengah menuju ke PON (Pekan Olahraga Nasional). Pada PRA-PON (Pra Pekan Olahraga Nasional) harus melalui penyaringan 8 besar agar bisa bermain di PON. ia menang melawan Papua. Saat bermain di PON, Puja menang melawan Oscar dari Jawa Timur, seorang angkatan laut.

Seluruh peristiwa yang telah ia lalui ini membuatnya ditarik untuk bergabung dengan PELATNAS (Pelatihan Nasional) dan mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia di Asian Games 2018.

sumber : koleksi pribadi milik Puja

Setelah saya mendengarkan cerita perjalanannya menuju Asian Games 2018, saya ingin tahu antusiasme Puja sebagai atlet dan ia menjawab, “Ingin membanggakan Indonesia dengan meraih juara 1, doakan saja biar tidak ada sia-sianya latihan selama ini”. Saya semakin kagum mendengarnya berkata demikian.

Ada pesan nih dari Puja buat kamu, sang Anak Bangsa yang membaca tulisan ini.
“Mudah-mudahan selalu sukses dan semangat mengejar impian.


Mari kita dukung bersama Atlet-Atlet Indonesia di Asian Games 2018.


Tinggalkan komentarmu dibawah ini! 😁 felicia latte

Related Articles

26 comments:

  1. Trimakasih banyak felicia latte semoga selalu sukses dan dapat mencapai impian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih sudah berkunjung ke blog aku. Amin. Terima kasih yang banyak ya atas doa nya :)

      Delete
  2. Semangat selalu utk tim wushu kls 70kg
    Selalu berdoa dan berusaha. Gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung ke blog aku!
      Yes!! Yuk kita dukung para atlet dan orang-orang yang turut terlibat mensukseskan Asian Games 2018! :)

      Delete
    2. Saya orang tua Felicia.saya tidak dapat membayangkan generasi sekarang ini.Melejit dengan cepat.tanpa bisa di tahan.Selamat dan sukses nak.Maju terus nak.pantang menyerah.Raih impianmu nak.Bravo Bravo Bravo

      Delete
    3. Terima kasih Papa!
      Yuk dukung atlet-atlet Indonesia diajang Asian Games!
      xoxo can't wait for it.

      Delete
  3. Nice posttt!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi !! Thank you for visiting!
      Indonesia will have Asian Games, we all excited about this event!

      Delete
  4. Wah aku baru tau ternyata proses untuk ikut asian games cukup panjang dan ga mudah. Semoga tim dari Indonesia bisa menang dan mengharumkan nama bangsa🙏 blog yg sangat informatif. Keep going👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Snowy! Terima kasih sudah berkunjung ke blog aku yaa!
      Iya betul, proses yang dilalui panjang banget aku aja terpukau sama dua narasumber ku atas apa yang mereka lalui. Makasih pujiannya ya! Amin! Kita doakan yang terbaik untuk tim Indonesia!! <3

      Delete
  5. Jayalah INDONESIA
    Kita bertanding untuk MENANG
    IMMANUEL

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMIN!!!!!
      Terima kasih Fabiola, sudah berkunjung ke blogku :D
      Ga sabar lihat acara Asian Games nih jadinya ;)

      Delete
  6. Thanks for the information! bahasa dan info nya sangatlah jelas! sukses selalu ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kaelloo!
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog ku ya!
      Siap, nantikan informasi-informasi selanjutnya tentang travel setiap hari Rabu dan Minggu jam 20.00 WIB :D

      Delete
  7. pasti berat juga yah mengurus Asian games sampai butuh relawan dan di training pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ronnie!
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog aku ya :D
      Yes, tentu tidak mudah mengurusi orang banyak dalam event internasional. Mari kita dukung penuh para atlet Indonesia serta orang-orang yang terlibat didalamnya! <3

      Delete
  8. Ya ga menutup kemungkinan banyak para relawan yang harus terlibat, disisi lain indonesia juga ingin mensukseskan asean games karena menjadi tuan rumah tidak ingin dipandang jelek. Semangat buat para relawan ASEAN Games 2018. Dan juga atlet. Felicia... Aku tunggu ya journal2 yang keren berikutnya. Goodluck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Terima kasih sudah berkunjung ke blog aku ya, aku sangat menghargai itu :)
      Yup betul sekali. Belasan ribu relawan turut mensukseskan Asian Games 2018.

      Thank you ya! Nantikan setiap hari Rabu & Minggu jam 20.00 WIB untuk postingan baru :D

      Delete
  9. Nice post Felic! :)
    Semoga Indonesia jaya d Asian Games nanti, semoga spirit bulan Agustus, bulan kemerdekaan kita, membuat para atlet lebih bersemangat! Terutama cabang favoritku, sepakbola!
    Keep writing Felic!
    Khas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kholid!
      Terima kasih telah berkunjung ke blog aku ya. Amin, wah iya yah.. baru nyadar di bulan Agustus game nya hehe. GO INDONESIA !!!

      Thank you, nantikan setiap hari Rabu & Minggu jam 20.00 WIB untuk postingan berikutnya :D

      Delete
  10. Sukses selalu Indonesia , maju terus harus berjuang demi Indonesia.sukses juga buat Felicia ! GOD BLESS YOU ALWAYS 🤗😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Grace!
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog aku ya :D
      Yessss maju terus Indonesia! Terima kasih atas doanya ya Grace.
      GOD BLESS YOU ALWAYS TOO! ^_^

      Delete
  11. Good work for this post...God give you much bless and success to your way...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey! Thank you so much for stopping by Mr. Deepak!
      I hope you know some of these Indonesian words :D It's about Asian Games that we're all excited about.
      Thank you for your wish. See you.

      Delete
  12. Go Indonesia! Aku antusias Indonesia menang Asian Games. INDONESIA IN MY HEART!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yohanes!
      Terima kasih telah berkunjung ke blog aku ya! :D
      Yessss, go go go Indonesia!!

      Delete

Thank you for reading this post, please leave YOUR NAME, comment and your website link so I can visit yours!